SELAMAT DATANG DI BLOG BELIANET SAMAHANI

Apa Yang Pertama Kali Diupayakan Sayidah Fatimah sa Sepeninggal Rasulullah?

Hujjatul Islam Ahmad Gholamali menyatakan, upaya pertama Sayidah Fatimah sa setelah wafatnya Rasulullah adalah menunjukkan kepada masyarakat tentang betapa tingginya ucapan Rasulullah Saw dan bahwa hadis Nabi dan firman Allah Swt harus menjadi pedoman gerakan umat Islam dan hal ini dijelaskan dalam hadis;
«انی تارک فیلکم الثقلین کتاب الله و عترتی»
Dalam wawancaraya dengan Fars News (27/4), Hujjatul Islam Gholamali mengatakan, "Pendeknya jarak antara kesyahidan Sayidah Fatimah sa dan wafatnya Rasulullah Saw, merupakan teladan bagi kita sekaligus pelajaran berharga karena beliau dalam waktu yang sangat singkat mampu memanfaatkan kesempatan sebaik-baiknya dalam menghadapi segala bentuk ancaman.
Penjelasan Posisi Hadis Rasulullah Saw
Dosen universitas ini lebih lanjut menjelaskan, "Penjelasan posisi hadis Rasulullah Saw, merupakan langkah awal yang diambil oleh Sayidah Fatimah sa pasca wafatnya Rasulullah Saw. Karena sepeninggal Rasulullah muncul upaya untuk mengesankan bahwa ucapan Nabi Muhammad Saw adalah pernyataan biasa sedemikian rupa sehingga muncul kesan bahwa Rasulullah adalah pemimpin negara sementara hadis-hadis dan perintah beliau adalah dalam rangka kemaslahatan negara di masa itu, dan oleh karena itu, sepeninggal beliau, keputusan yang diambil dapat disesuaikan dengan kemaslahatan masa itu."
Ditegaskan Gholamali, Sayidah Fatimah sa menunjukkan bahwa hadis dan ucapan Rasulullah Saw memiliki posisi sangat tinggi melebihi ucapan seorang manusia biasa. Oleh karena itu ketika seseorang datang menghadap Sayidah Fatimah sa dan meminta hadiah, beliau memerintahkan pembantunya dan berkata; "Ambilkan aku tulisan itu." Pembantu itu berkata bahwa dia tidak dapat menemukan tulisan itu. Kemudian Sayidah Fatimah sa dengan nada sedikit marah berkata; "Wahai Hatif, ambilkan tulisan itu, karena sesungguhnya tulisan itu sangat berharga untukku sama seperti Hasan dan Husein."
Gholamali menandaskan bahwa ketika kita memperhatikan dengan seksama  sikap Sayidah Fatimah sa menyangkut surat tersebut, akan kita pahami bahwa isi surat tersebut pasti sangat penting seperti masalah kepemimpinan Imam Ali as atau masalah-masalah penting lainnya.
Hatif membawakan surat yang diminta Sayidah Fatimah sa. Surat itu mengandung kata-kata dan kalimat sederhana dari ucapan Rasulullah Saw, yang bahkan Sayidah Fatimah sa dapat langsung mengungkapkannyantanpa harus merujuk pada surat itu. Akan tetapi beliau tetap merujuk pada surat yang ditulis oleh Rasulullah Saw untuk membuktikan bahwa hadis dan ucapan Rasulullah sangat penting bagi Sayidah Fatimah sa.
Ditegaskannya bahwa upaya pertama Sayidah Fatimah sa setelah wafatnya Rasulullah adalah menunjukkan kepada masyarakat tentang betapa tingginya ucapan Rasulullah Saw dan bahwa hadis Nabi dan firman Allah Swt harus menjadi pedoman gerakan umat Islam dan hal ini dijelaskan dalam hadis;
«انی تارک فیلکم الثقلین کتاب الله و عترتی»
"Aku tinggalkan kepada kalian dua pusaka, kitab Allah (al-Quran) dan keluargaku (Ahlul Bait)."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Pengikut